5 Cara Meningkatkan Potensi UKM Berkembang Pesat

Pandemi memang menghantam semua aspek perekonomian sehingga Anda yang memiliki usaha harus mencari solusi. Kebijakan pemerintah yang menerapkan sistem pembatasan aktivitas di luar ruangan yang terbatas bisa menjadi angin segar bagi pelaku usaha. Setidaknya Anda bisa membangkitkan usaha yang sempat mati suri untuk kembali bertahan selama PPKM berlangsung. Asal tetap mematuhi aturan prokes, Anda bisa meningkatkan potensi UKM berkembang pesat dengan pengelolaan keuangan digital lebih baik lewat software kasir.

Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital yang Harus Anda Terapkan

Penjualan yang stagnan membuat bisnis Anda tidak mengalami peningkatan yang lebih besar.  Anda sudah menjalankan usaha agak lama, tetapi belum memberikan hasil yang optimal. Apakah ada yang salah dengan pengelolaan bisnis Anda selama ini? Berikut beberapa tips dalam mengembangkan UKM yang bisa Anda terapkan yaitu :

1. Memahami nilai dari produk atau jasa

Anda harus tahu apa yang menjadi nilai atau keunggulan dari produk atau layanan jasa yang ditawarkan pada pelanggan. Pahami keunggulan yang bisa Anda promosikan atau tonjolkan dalam iklan nanti. Cek pula bagaimana kelebihan dan kekurangan dari produk kompetitor agar pelanggan setia memilih produk Anda, ya!

2. Memiliki target pasar yang potensial

Target pasar harus menjadi perhatian Anda selama ini agar usaha yang stagnan bisa kembali berkembang pesat. Bisa jadi penjualan yang berada pada angka biasa saja karena Anda salah memilih target pasar. Buat peta karakter demografis, geografis, psikografis, dan tingkah laku konsumen yang berbeda-beda.

3. Memahami cara memperluas pasar dengan baik

Ketahui cara memperluas pasar dengan maksimal mulai jalur distribusi offline dan online, mengikuti pameran atau bazaar yang bisa meningkatkan branding perusahaan.

4. Mengelola hubungan dengan pelanggan setia

Interaksi dengan pelanggan harus Anda bangun sejak awal dengan cara membalas komentar di media sosial, menerima kritik dan saran, menghubungi pelanggan untuk follow up, memberikan informasi pada pelanggan mengenai produk terbaru, membuat konten yang selalu positif, dan berbagai cara yang bisa mengelola hubungan dengan pelanggan lebih baik. Pelanggan setia menawarkan loyalitas tanpa batas yang sangat bermanfaat untuk perkembangan usaha Anda, lho!

5. Memaksimalkan strategi pemasaran dan promosi usaha

Jangan lupa untuk terus mencari inovasi terbaru dalam strategi pemasaran dan promosi usaha kekinian. Anda harus memanfaatkan dunia digital yang bisa meningkatkan peluang pendapatan dan branding perusahaan yang lebih optimal. Manfaatkan media sosial, e-commerce, marketplace, dan platform digital yang bisa mendukung penjualan produk atau layanan jasa Anda. Tentu Anda harus selalu mengikuti tren dan mengubah media sosial usaha menjadi akun bisnis dengan fitur yang lebih bermanfaat, ya!

Guna mendukung bisnis Anda yang biasa saja berkembang menjadi lebih besar, maka Anda wajib mempertimbangkan software kasir. Dengan mesin kasir yang bisa mencatat transaksi secara online, Anda bisa mendukung pelayanan bisnis lebih cepat dan efisien. Anda juga bisa menghemat anggaran usaha sebab aplikasi kasir online menyajikan catatan transaksi secara real time dengan biaya perawatan lebih terjangkau.

Anda bisa mulai memilih menggunakan layanan software kasir yang terintegrasi dengan Tokopedia sebagai layanan pionir di Indonesia.  Olsera merupakan aplikasi kasir premium yang memiliki fitur baru seperti akuntansi perusahaan yang lebih efisien. Anda bisa mendapatkan laporan laba rugi, neraca, modal, dan laporan arus kas yang bisa diakses lebih cepat. Anda juga bisa membuat pencatatan hutang dan piutang jatuh tempo, manajemen aset dan pengelolaan keuangan usaha yang lain. Yuk, daftar sekarang untuk berlangganan aplikasi kasir sesuai kategori bisnis Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.