pembalut herbal

5 Cara Menjaga Kesehatan Miss V

Merawat organ intim kewanitaan merupakan hal yang penting, lho! Hal ini agar organ kewanitaan kita bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan di area tersebut, seperti keputihan. Cara yang dapat kita lakukan antara lain, selalu bersihkan organ kewanitaan dengan benar, gunakan pakaian dalam yang tepat, rutin mengganti pembalut saat haid, gunakan pembalut herbal untuk menekan pertumbuhan bakteri, dan hindari penggunaan sabun mengandung parfum.

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya berikut ini:

1. Selalu bersihkan organ kewanitaan dengan benar

Penting bagi kita untuk selalu menjaga organ intim yang kita miliki. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu membersihkan vagina kita dengan air bersih atau air hangat setiap selesai melakukan buang air kecil maupun buang air besar. Kalian tidak harus menggunakan sabun, namun jika ingin menggunakan sabun maka pilihlah sabun yang lembut.

2. Gunakan pakaian dalam yang tepat

Selalu gunakan pakaian yang tepat, terutama pakaian berbahan dasar katun karena mudah menyerap keringat dan lebih longgar supaya organ kewanitaan tidak terlalu lembab. Hal ini dilakukan supaya vagina kita juga tetap sehat dan tidak iritasi karena terlalu sering bergesekan dengan pakaian kita. Jadi jangan terlalu sering menggunakan pakaian yang terlalu ketat, ya.

3. Rutin mengganti pembalut saat masa haid atau menstruasi

Penggunaan pembalut baik digunakan pada saat masa haid atau menstruasi. Karena pembalut dapat menyerap keringat dan juga darah yang keluar pada saat menstruasi. Pilihlah produk pembalut yang tepat dan sesuai dengan kulitmu supaya terhindar dari iritasi atau perasaan tidak nyaman saat memakainya.

4. Gunakan pembalut herbal untuk menekan pertumbuhan bakteri bila perlu

Salah satu jenis pembalut yang umum digunakan adalah jenis pembalut herbal. Hal ini dikarenakan pembalut herbal diklaim dapat menekan pertumbuhan bakteri dan juga berfungsi sebagai antiseptik. Pembalut herbal juga ampuh dalam mengurangi bau di bagian vagina pada saat masa haid atau menstruasi lho. Namun tetap selektif ya, karena bisa jadi jenis pembalut ini belum tentu cocok dengan jenis kulit kalian terutama yang memiliki kulit sensitif.

5. Hindari penggunaan sabun yang mengandung parfum

Penggunaan sabun tidak berbahaya, kok, bagi organ kewanitaan kita, namun dengan catatan pilihlah sabun yang lembut. Hindari penggunaan sabun yang mengandung parfum terutama yang berbahan alkohol atau antiseptik, hal ini karena tidak semua kulit wanita dapat menerima penggunaan antiseptik di kulit mereka. Beberapa di antaranya memiliki kulit yang sensitif sehingga penggunaan sabun berbahan antiseptik dapat dengan mudah mengiritasi kulit dan mengganggu vagina yang normal dan sehat.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter yang bersangkutan jika terjadi masalah pada organ kewanitaanmu ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *