7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Lengkap dengan Cara Menggunakannya

Sudah menjadi rahasia umum kalau manfaat lidah buaya untuk wajah sangat banyak dan sering digunakan. Aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman dengan banyak manfaat bahkan untuk kesehatan kulit wajah. Tidak hanya itu, tanaman ini juga memiliki beribu manfaat baik untuk kesehatan secara alami. Tidak heran jika termasuk salah satu tanaman obat karena khasiatnya sering dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Memiliki kandungan antioksidan tinggi sering dimanfaatkan untuk produk produk kecantikan dari rambut, badan dan wajah. Bahkan aloe vera juga sering dimanfaatkan untuk produk makanan karena sangat nyaman di perut.

Dengan menggunakan cara alami memakai tanaman ini jelas lebih aman dan tidak ada efek sampingnya. Terlebih lagi sangat mudah ditanam di halaman rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Pembahasan kali ini fokus pada apa saja manfaat penggunaan lidah buaya untuk wajah dan bagaimana cara menggunakannya. Silahkan simak beberapa manfaat berikut ini dari mengatasi jerawat hingga berbagai permasalahan pada kulit. Selain untuk kesehatan, berbagai manfaat dari tanaman satu ini ternyata juga sangat baik bagi kulit wajah Anda. Lantas apa saja manfaatnya, silahkan simak 7 manfaat utama akan dijelaskan berikut ini:

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan wajah berjerawat dan bingung harus bagaimana mengatasinya. Tidak ada salahnya mencoba tanaman obat ini karena ada banyak manfaat lidah buaya untuk wajah. Selain mampu mengobati jerawat ternyata juga sangat bagus membantu mencegahnya sehingga tidak menimbulkan bekas. Memiliki kandungan berupa gel sebagai antibakteri dan kandungan asam salisilat yang membantu mengatasi jerawat. Asam salisilat termasuk ke dalam axfoliant yang dapat membantu membuat pori pori terbuka secara alami. Sehingga jerawat dan komedo menjadi lebih mudah untuk diatasi serta proses penyembuhannya menjadi lebih cepat.

Senyawa asam salisilat juga sangat efektif sebagai anti inflamasi pada kelenjar minyak sebagai penyebab utama jerawat. Produksi minyak berlebih pada wajah Anda dapat berkurang secara alami sehingga mencegah timbulnya jerawat. Jika Anda ingin merasakan manfaat lidah buaya untuk wajah terutama mencegah dan mengobati jerawat. Maka harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan dengan benar agar hasilnya maksimal. Sebenarnya sangat sederhana Anda hanya perlu mengupas sedikit saja lidah buaya kemudian oleskan pada jerawat. Agar lebih mudah dapat menggunakan cotton bund dan disarankan dioleskan sebanyak 3x sehari.

Tidak perlu menambahkan atau mencampurkan dengan bahan lainnya karena sudah memiliki kandungan alami. Pastikan sebelum dioleskan gelnya sebaiknya bersihkan wajah dan keringkan kemudian biarkan sampai mengering lalu dibilas. Wajah merupakan area sensitif yang paling mudah terkena paparan sinar matahari secara langsung. Apalagi jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan tentu sangat sulit menghindari sengatan sinar matahari. Sinar matahari memang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan memberikan berbagai manfaat positif juga. Namun jika terlalu berlebihan maka dapat membuat kulit terutama wajah menjadi seperti terbakar dan terasa tidak nyaman.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan cara alami dan tidak harus menggunakan kosmetik mahal. Karena salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yaitu membantu menenangkan kulit dari sengatan sinar matahari. Senyawa polisakarida didalamnya sangat membantu mendorong perbaikan kulit dan pembentukan sel kulit baru. Bahkan juga mengandung karboksipeptidase sebagai pereda nyeri yang sangat efektif untuk menenangkan kulit. Cara memanfaatkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengoleskan pada wajah secara langsung. Sebaiknya jangan digunakan setiap hari namun pada saat Anda merasa perlu saja demi kesehatan kulit.

Ada berbagai hal yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit wajah baik disengaja maupun tidak. Jika Anda mengalaminya maka tidak perlu panik karena manfaat lidah buaya untuk wajah bisa sangat membantu. Tanaman ini memiliki kandungan senyawa acemannan yang ternyata efektif menekan peradangan pada kulit. Anda akan merasakan sensasi dingin dan segar pada wajah secara alami hanya dengan memakai gel lidah buaya. Cukup oleskan saja gelnya ke bagian yang mengalami peradangan kemudian biarkan dan ulangi lagi sehari 2x. Tidak perlu menambahkan bahan lainnya saat menggunakan tanaman ini agar hasilnya bisa maksimal.

Namun karena berbagai penyebab peradangan yang dialami setiap orang bisa berbeda beda sehingga jangan sembarangan. Sebaiknya Anda melakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui efek yang dirasakan. Cara uji cobanya adalah dengan menempelkan gel lidah biaya hanya pada kulit yang meradang saja. Uji ini sangat penting karena dapat menyebabkan efek dermatitis kontak alergi yang bisa terjadi. Kulit kering terkadang membuat Anda merasa tidak nyaman karena selain tidak enak dilihat juga terasa sangat kasar. Menggunakan kosmetik tertentu terkadang dapat memberikan dampak tidak sesuai dengan harapan.

Sebelum Anda mengeluarkan banyak uang tidak ada salahnya mencoba manfaat lidah buaya untuk wajah kering. Karena dapat membantu melembabkan kulit meskipun dari tanaman dan tidak harus mengeluarkan uang. Mengandung banyak air sehingga kulit menjadi lebih lembab, tidak kering dan tanpa rasa berminyak. Bahkan dapat membuat kulit menjadi halus, lembut dan terasa menjadi lebih kenyal. Jika Anda ingin kulitnya menjadi lembab maka ketahui bagaimana cara mengaplikasikan pada wajah. Pertama harus dipastikan kalau wajah Anda dalam keadaan bersih kemudian oleskan daging lidah buaya.

Pastikan Anda mengoleskan secara merata ke seluruh bagian kemudian biarkan 15 – 20 menit agar menyerap. Kemudian bilas sampai bersih dan biarkan dengan tidak memakai krim apapun. Tanaman obat ini sangat membantu Anda mencegah penuaan dini dengan memperlambat tanda tandanya. Manfaat lidah buaya untuk wajah inilah yang membuatnya banyak dicari dan digunakan para wanita dari berbagai usia. Kandungannya mampu merangsang aktivitas fibroblast sehingga mampu memicu peningkatan produksi kolagen. Serta produksi serat elastin juga semakin meningkat yang dapat membuat kulit menjadi elastis dan mencegah munculnya keriput.

Lidah buaya juga memiliki kandungan seng yang bermanfaat sebagai astringent khususnya mengencangkan pori pori. Sehingga wajah menjadi terlihat kencang dan menjadi lebih halus karena pori pori semakin terlihat mengecil. Kandungan vitamin C dan E didalamnya sangat bermanfaat untuk mencegah pembentukan radikal bebas. Jadi dapat dibayangkan berbagai zat alami baik vitamin dan zat zat lainnya sangat bagus untuk kesehatan wajah Anda. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal maka bisa membuat masker sendiri ataupun mengoleskannya langsung. Lakukan secara rutin misalnya seminggu 3x untuk mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.

Manfaat lidah buaya untuk wajah lainnya yaitu membantu mencegah munculnya bintik hitam. Munculnya bintik hitam pada wajah kerap kali menganggu dan membuat tidak nyaman meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Gel didalamnya mencegah tirosinase, enzim yang mengatur perubahan warna kulit pada manusia. Kandungannya juga mampu menekan hiperpigmentasi yang diinduksi UV yang disebabkan sengatan sinar matahari. Kandungan antioksidan seperti glutathione peroxide membantu mencegah bintik hitam dan memudarkan kerusakan kulit. Terutama jika disebabkan oleh sinar matahari sehingga tidak memunculkan bintik hitam lebih banyak lagi.

Selain memudarkan bintik hitam ternyata juga bisa membantu mencerahkan wajah kusam secara alami. Hal ini karena kandungan tyrosinase sehingga wajah kusam menjadi lebih cerah dan terlihat segar. Cara menggunakannya yaitu hanya perlu mengaplikasikan gel dari tanaman ini pada wajah secara langsung. Kemudian diamkan saja kurang lebih 15 – 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Sudah dijelaskan jika di dalam tanaman ini terdapat kandungan asam salisilat yang memiliki banyak manfaat. Bahkan manfaat lidah buaya untuk wajah lainnya juga berfungsi sebagai exfoliator.

Maksudnya sebagai exfoliator yaitu membantu mengelupas sel kulit mati dengan lembut dan pastinya alami. Kulit wajah akan menjadi lebih bersih karena sel kulit mati dibersihkan dengan sendirinya tanpa harus digosok. Selain itu terdapat juga kandungan lignin yang merupakan zat untuk meningkatkan penetrasi bahan lain ke dalam kulit. Anda akan merasakan perbedaan pada kulit wajah jika sering menggunakan aloe vera. Menggunakan masker lidah buaya menjadi solusi terbaik karena dapat membantu menghaluskan permukaan kulit. Kandungannya akan membantu pembelahan sel keratinosit dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus.

Banyaknya manfaat positif dari penggunaan lidah buaya tetap harus diperhatikan apalagi jika memiliki kulit sensitif. Namun sudah banyak yang membuktikan manfaat lidah buaya untuk wajah dan terbukti efektif. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.