Mau Liburan Murah? Ini Cara Memilih Hotel yang Tepat!

Penginapan menjadi salah satu komponen biaya termahal saat liburan. Bagaimana cara memilih hotel yang tepat? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Saat liburan ke luar kota, penginapan menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan secara matang. Pasalnya, penginapan menentukan kualitas istirahat Anda sehingga aktivitas di sana menyenangkan.

Anda dapat menginap di losmen, vila, maupun hotel. Nah, bagi yang memilih hotel sebagai tempat menginap, kini bisa memesannya secara online. Untuk pemesanan, hanya membutuhkan KTP dan data pribadi. Setelah itu, Anda bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit maupun paylater.

Supaya Anda bisa menginap di hotel yang tepat, berikut ini tips-tipsnya.

Cek Ulasan Pelanggan

Ketika memilih hotel, Anda harus memastikan tingkat kenyamanan dan keamanan di dalamnya. Untuk mengecek semua itu, Anda dapat melihatnya melalui ulasan pelanggan yang pernah menginap di hotel tersebut.

Ulasan pelanggan lebih mudah ditemukan jika menggunakan aplikasi online travel agent (OTA). Biasanya, pelanggan menuliskan argumennya mengenai akomodasi di kolom komentar. Hal-hal yang dibahas meliputi pelayanan, kenyamanan, beberapa fasilitas, serta ambience penginapan. Selain itu, mereka juga kerap memberikan rating penilaian pada hotel.

Pilih Hotel dekat Tempat Wisata

Agar Anda lebih mudah menjangkau destinasi, pilihlah hotel yang berlokasi di sekitar tempat wisata. Meskipun tarif hotel di sana relatif mahal, minimal bisa mengurangi biaya transportasi.

Jika tidak menemukan hotel di dekat tempat wisata, Anda dapat memilih lokasi di kota. Sebaiknya, lokasi tersebut berada di pusat kota atau area strategis yang berdekatan dengan transportasi publik. Dengan demikian, Anda tidak kesulitan mencari kendaraan umum maupun sewaan untuk menuju destinasi wisata.

 

Cek Fasilitas Hotel

Meskipun ulasan pelanggan sudah membahas seputar fasilitas, tidak ada salahnya Anda mengecek ulang. Salah satu cara mengeceknya, yakni dengan meminta tolong rekan yang tempat tinggalnya dekat hotel. Anda juga bisa memastikan fasilitas hotel melalui sambungan telepon langsung ke akomodasi tersebut.

Cara lain mengecek fasilitas hotel, yaitu membandingkan harga. Umumnya, hotel menawarkan fasilitas berbanding lurus dengan harganya. Hotel yang memiliki fasilitas mewah kerap disewakan dengan harga mahal. Sebaliknya, hotel murah cenderung menyediakan fasilitas standar.

Cari Hotel yang Menawarkan Promo

Apakah Anda sudah mengunduh aplikasi OTA? Biasanya, melalui aplikasi tersebut, Anda bisa menemukan banyak promo. Bentuk promonya beragam; mulai dari penawaran diskon sampai paket bundling hotel dan tiket pesawat.

Kerennya, promo aplikasi kerap menawarkan diskon hingga 50 persen di momen tertentu. Terutama, bagi Anda yang menggunakan layanan paylater , bisa meraih diskon belanja di luar pemesanan hotel. Contohnya, metode pembayaran dengan cicilan kerap memberikan diskon hingga Rp300.000 untuk pembelian makanan di berbagai restoran.

Bayar dengan Paylater

Apakah liburan Anda terhalang kondisi finansial yang belum cukup? Kini, hal itu dapat diatasi dengan memanfaatkan metode pembayaran dengan cicilan. Jika menggunakan cara ini, Anda bisa tetap menginap di hotel pilihan, tanpa harus membayar tunai saat itu. Biasanya, penyedia pembayaran cicilan adalah aplikasi OTA, seperti Traveloka.

Pembayaran cicilan Traveloka memiliki skema hampir mirip kartu kredit, tetapi bunganya lebih rendah. Selain itu, metode tersebut membutuhkan bentuk fisik seperti kartu kredit untuk memesan hotel. Metode pembayaran ini pun bisa dipakai oleh pengguna aplikasi tanpa agunan.

Limit masing-masing pengguna disesuaikan dengan skor kreditnya. Traveloka menetapkan limit maksimal Rp50 juta per pengguna. Sementara tenor kreditnya mulai dari 1 sampai 12 bulan.

 

Demikian pembahasan lima cara memilih hotel yang tepat untuk melengkapi aktivitas liburan Anda di luar kota. Sudah siap melakukan traveling ke destinasi favorit Anda? Yuk, gunakan paylater Traveloka supaya liburan mudah dan menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.