Pertimbangan Hal Ini dalam Memilih Software Akuntansi

Salah satu jenis perangkat lunak yang memiliki fungsi dalam melakukan proses pencatatan, menganalisis, meringkas dan juga melaporkan data keuangan di dalam sebuah perusahaan maupun bisnis yaitu software akuntansi. Bagi seseorang yang di sini memiliki tugas dalam melakukan pencatatan keuangan seringkali disebut dengan akuntan.

Akuntansi ini dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur hasil dari aktivitas ekonomi di dalam sebuah bisnis maupun usaha pada berbagai pihak, seperti contohnya pihak kreditor, investor, owner dan juga manajemen.

Akuntansi itu sendiri sudah diterapkan sejak zaman dahulu, yaitu tepatnya pada masa Babilonia kuno. Namun di zaman dahulu belum terdapat software akuntansi keuangan yang memudahkan beragam kegiatan akuntansi seperti sekarang ini.

Untuk Anda yang saat ini tengah memilih software akuntansi yang pas diaplikasikan di dalam perusahaan Anda, maka perlu mengetahui beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum akhirnya Anda memilih software agar benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan. Pertimbangan-pertimbangan tersebut antara lain akan dijelaskan di bawah ini.

Apa Saja Pertimbangan dalam Memilih Software Akuntansi yang Tepat?

 

Pertimbangkan Mengenai Jenis Bisnis

Sebelum di sini Anda memilih sebuah software akuntansi, maka kenali dulu jenis bisnis yang saat ini tengah Anda jalankanz seperti contohnya bisnis jasa, dagang, industri, manufaktur, agraris dan lain sebagainya. Selain itu juga penting bagi Anda untuk mengetahui bentuk bisnis yang dimiliki apakah berbentuk firma, UMKM, CV ataupun perusahaan.

Karena memang terdapat beberapa kebutuhan akuntansi yang berbeda untuk tiap bentuk dan jenis bisnis yang dijalankan. Jika sudah mengetahui jenis bisnis Anda, maka berikutnya yaitu Anda harus mengetahui software akuntansi yang sedang digunakan saat ini.

Jika sebelumnya Anda telah memakai software akuntansi, maka dapat langsung menentukan pilihan. Namun sebaliknya, jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan software tersebut, maka tanyakan pada support software akuntansi yang akan Anda pakai, apakah benar-benar tersedia fitur yang terintegrasi atau tidak?

Mengukur Kemampuan Tim

Kemampuan dari tim atau seorang akuntan keuangan bisnis merupakan sesuatu yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Tentunya di sini Anda tidak ingin membayar mahal seseorang, namun nyatanya mereka tidak dapat mengoperasikan software akuntansi. Tapi umumnya penyedia software akan memberikan training atau modul pada para penggunanya untuk setiap fitur yang disediakan.

Fitur Integrasi Software

Fitur integrasi software ini sangat diperlukan tentunya bagi Anda yang memang ingin software tersebut nantinya bisa terintegrasi dengan beberapa divisi lain seperti inventory, produksi, perpajakan dan lain sebagainya. Karena itu, pertimbangan tersebut tidak boleh Anda lewatkan saat memilih software akuntansi yang tepat. Penting bagi Anda memilih software yang menyajikan beragam fitur lengkap untuk bisnis.

Faktor lain yang juga di sini harus Anda pertimbangkan seperti contohnya dukungan software, hardware dan juga sistem informasi. Setidaknya software aplikasi yang nantinya Anda pilih bisa digunakan melalui beberapa perangkat, seperti laptop, PC, tablet maupun smartphone. Dengan menggunakan software yang dapat digunakan di beragam perangkat tentunya hal itu akan memudahkan Anda untuk mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Salah satu software akuntansi yang sangat direkomendasikan bagi Anda yaitu Olsera point of sale. Software akuntansi yang satu ini memang tengah populer dan banyak digunakan. Selain beragam fitur menarik yang ditawarkan, software tersebut juga memiliki harga yang sangat kompetitif. Anda bisa merasakan semua manfaat dari Olsera hanya dengan harga yang terjangkau. Karena itu, Anda para pemilik usaha tidak perlu ragu untuk segera daftar sekarang juga di Olsera.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.