Rayakan Kelulusan, Siswa-siswi SMP di Sragen Bersih-bersih Waduk dan Tebar Benih Ikan

Siswa siswi SMP Muhammadiyah 5 Tanon (SMP Militan), Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, merayakan kelulusan dengan kegiatan yang tak biasa. Mereka memilih untuk membersihkan area wisata Waduk Ketro di Kecamatan Tanon dan menebar benih ikan pada Jumat (4/6/2021) pekan lalu. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur siswa siswi kelas IX.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kecamatan Tanon, Suparman, menyebut apa yang dilakukan siswa siswi SMP Muhammadiyah 5 Tanon merupakan wujud memelihara kelestarian lingkungan di Waduk Ketro. Suparman juga berharap kegiatan ini mampu meningkatkan aktivitas pariwisata di Waduk Ketro yang berimplikasi secara langsung pada aktivitas perekonomian masyarakat di sekitar waduk. "Sehingga roda perekonomian masyarakat di sekitar Waduk Ketro semakin berputar cepat, dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat pun akan semakin meningkat," tutup Suparman.

Adapun proses pelaksanaan bersih bersih area waduk berasal dari hasil penggalangan dana di lingkungan sekolah. Dana yang terkumpul dibelikan benih ikan, penghilang cat, hingga kantong sampah. Selain itu, para murid juga membeli cat dan membuat papan imbauan agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan di area waduk.

Kegiatan dimulai dengan memunguti berbagai sampah yang berserakan, kemudian menghapus berbagai coretan di area waduk. Lalu dilanjutkan menebarkan 1.000 benih ikan air tawar, lalu diakhiri dengan memasang papan imbauan di jalan akses utama memasuki kawasan wisata Waduk Ketro. "Alhamdullilah sebagai wujud rasa syukur atas kelulusan kami semua, saya dan teman teman memilih melakuan kegiatan yang bermanfaat sebagai tanda bahwa setelah lulus dari SMP Militan, kami siap untuk terus berjuang menjadi manusia manusia yang bermanfaat untuk masyarakat," ujar Yusuf, salah satu siswa SMP Militan yang dinyatakan lulus.

Adapun selain sebagai wujud merayakan kelulusan, anak anak juga ingin berpartisipasi dalam peringatan hari lingkungan hidup yang jatuh pada Sabtu, 5 Juni 2021 lalu. Ribuan benih ikan air tawar yang ditebarkan dimaksudkan agar kelestarian ekosistem perairan Waduk Ketro tetap terjaga. Kepala SMP Muhammadiyah 5 Tanon, Fauzul Azhim, berharap kegiatan ini mampu menggugah kesadaran baik masyrakat sekitar maupun pengujung dari luar daerah akan pentingnya menjaga kebersihan, dan tidak membuang sampah sembarangan lagi.

"Saya sangat bangga dengan aksi yang dilakukan siswa kami. Semoga kegiatan ini mampu menyadarkan masyarakat dan pengunjung dalam menjaga kebersihan dan kelestarian di sekitar Waduk Ketro," ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.