Tabuh Genderang Perang, Italia Tantang Portugal, Prancis dan Belgia dalam Perebutan Juara Euro 2020

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini mulai yakin bahwa armada tempurnya mampu bersaing dalam perebutan gelar juara Euro 2020. Meski Euro 2020 baru memasuki matchday kedua fase grup, namun Italia memiliki performa yang meyakinkan. Terbukti dari dua pertandingan awal, Ciro Immobile cs mampu meraih enam poin dan melesakkan enam gol.

Catatan cleansheet mengiringi langkah Gli Azzuri memastikan satu tiket ke babak 16 besar Euro 2020. Terbaru, Italia sukses menghajar Swiss lewat tiga gol tanpa balas di Stadion Olimpico, Kamis (17/6/2021) Roberto Mancini yakin bahwa saat ini menjadi momentum yang tepat bagi Italia menghapus dahaga gelar juara.

Sebagai catatan saja, terakhir kali Italia merasakan gelar juara di Kejuaraan Eropa ialah pada Piala Dunia 2006. Lebih dari 14 tahun sudah Gli Azzurri tak memiliki prestasi menteeng di kawasan Eropa maupun dunia. Menurut kacamata Mancini, Italia memiliki modal yang cukup untuk menargetkan gelar juara pada event sepak bola empat tahunan ini.

"Ini adalah tim yang telah dibangun selama beberapa tahun dan wajar saja mereka lebih jauh dari kami, tetapi semuanya bisa terjadi dalam sepak bola, Anda tidak boleh menerima begitu saja," terang Roberto Mancini, seperti yang dikutip dari laman Sky Sports . Meskipun demikian, mantan juru taktik Italia ini tak bisa menampik bahwa untuk mewujudkan ambisi tersebut tak akan berjalan mudah. Ia sadar bahwa saingan untuk menjadi yang terbaik di Euro 2020 tak bakal mudah.

Setidaknya Roberto Mancini memiliki tiga tim yang bakal jadi batu sandungan Italia. Ketiga tim tersebut ialah Portugal, Prancis dan Belgia. Portugal merupakan juara Euro 2016 bersama Cristiano Ronaldo.

Prancis membayar kegagalan mereka di partai final Euro 2016 dengan menjadi juara Piala Dunia 2018. Sedangkan Belgia yang kerap disebut memiliki generasi emas kini menduduki ranking pertama dunia. "Di Kejuaraan Eropa ada Prancis, Portugal dan Belgia. Salah satunya adalah juara dunia, yang lain adalah juara Eropa dan yang lainnya adalah tim peringkat nomor satu di dunia."

Italia memang memiliki skuat mumpuni untuk menargetkan gelar juara. Terlebih lini tengahnya, Gli Azzurri diperkuat oleh deretan pemain penuh kualitas. Sebut saja Marco Verratti, Jorginho, Barella dan Manuel Locatelli jadi bukti bagaimana mewahnya sektor Centrocampista Gli Azzurri. "Saya beruntung karena saya memiliki beberapa pemain yang sangat bagus yang suka bermain, mereka menikmati berada di luar sana dan suka mengambil risiko.

Mancini hanya bisa mengingatkan bahwa Immobile dkk jangan sampai terlena dengan pencapaian mereka saat ini. Jalan masih panjang bagi tim besutan Roberto Mancini tersebut untuk menjadi yang nomor satu di Euro 2020. "Para pemain adalah orang orang yang pantas mendapatkan pujian. Saya mencoba menjelaskan proses pemikiran saya dan masih ada jalan panjang yang harus dilalui," terangnya melanjutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.