TNI-Polri Evakuasi Jenazah Anggota KKB yang Tertembak

Petugas melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara dan evakuasi Jenazah Anggota Kelompok Teroris Lekagak Talenggen yang ditembak mati Aparat TNI Polri pada Kamis (13/5/2021). Petugas tetap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan guna kepentingan penyelidikan terhadap salah satu anggota Lekagak Talenggeng yang meninggal setelah kontak tembak dengan pasukan TNI Polri. Proses evakuasi jenazah dilakukan pada hari Jumat, 14 Mei 2021 pukul 14.50 WIT Distrik Woloni, Kabupaten Puncak oleh Satgas Gakkum dengan pengamanan ketat personel TNI Polri.

Identifikasi dihadiri oleh Kapolres Puncak Kompol I Nyoman, Dandim 1714 Puncak Jaya, Tim identifikasi satgas gakkum ops nemangkawi dengan pengambilan sidik jari jenasah, barang barang hiasan yang digunakan, pencocokan wajah. Hasil penyelidikan lapangan atas keterangan Kepala Distrik Ilaga Utara Joni Elatotagam dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Puncak sekaligus Ketua Lembaga Musyawarah Adat Kabupaten Puncak. Alhasil, identifikasi jenazah anggota kelompok kriminal bersenjata pimpinan Lekagak Telenggeng yang meninggal dunia, setelah melakukan kontak tembak dengan pasukan TNI Polri hari Kamis tanggal 13 Mei 2021

Anak buah Lekagak Talenggan tertembak yakni Wandis Enimbo, 29 Tahun, dengan jabatan dalam kelompok sebagai Ajudan Pribadi Lesmin Waker. Dari keterangan saksi, kata dia, benar yang bersangkutan adalah ajudan Lesmin Waker yang selalu bersama KKB Lesmin Waker. Barang bukti yang telah diamankan antara lain 1 Unit Helm Militer, Dokumen, Berbagai Senjata tajam, Panah dan HP.

Sedangkan ciri ciri dan tanda yang melekat pada jenazah antara lain anting besi ditelinga kiri dan kanan, gelang besi ditangan, manik manik kalung Plastik. Jenazah salah satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata dibawah pimpinan Lekagak Talenggeng sekaligus ajudan Lesmin Waker komandan kelompok pintu angin di Wuloni telah diserahkan oleh Kapolres Puncak dan Dandim Fuja kepada pihak keluarga. Penyerahan jenazah yang diwakili oleh Kepala Distrik Kago Ilaga disaksikan oleh Kepala Distrik Ilaga Utara, Ketua Lembaga Musyawarah Adat Puncak, dan beberapa tokoh masyarakat.

Ia menambahkan, Lesmin Waker sendiri ikut tertembak namun dibawa kabur oleh kelompok lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.