Valentino Rossi Tak Bisa Lagi Tampil Impresif Gegara Pengalamannya Sendiri, Kok Bisa?

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, gagal tampil optimal karena pengalamannya sendiri. Langkah Valentino Rossi pada MotoGP 2021 tampak berat menyusul performanya yang remuk hingga berakhirnya seri keempat. Meski menunggangi motor YZR M1 versi terkini, hal itu tidak serta merta mampu membawa Valentino Rossi tampil kompetitif.

Catatan Valentino Rossi bertambah miris usai dirinya gagal untuk membawa pulang angka dalam tiga balapan beruntun. Dengan torehan empat angka, The Doctor tenggelam di peringkat ke 21 dalam tabel klasemen sementara MotoGP 2021. Posisi tersebut tentu bukanlah posisi yang layak untuk seorang Valentino Rossi sebagai salah satu pebalap hebat.

Situasi pelik yang sedang melanda Valentino Rossi turut mengundang perhatian dari mantan pembalap, Roberto Rolfo. Di mata Roberto Rolfo, tidak mudah bagi seorang pembalap untuk beradaptasi dengan situasi MotoGP saat ini. Hal tersebut juga berlaku bagi pembalap berusia 42 tahun tersebut yang memiliki segudang pengalaman.

Sosok ikonik dengan nomor 46 itu pertama kali tiba pada ajang Grand Prix di kelas 125cc pada 1996. Dan kini MotoGP 2021 menjadi musim ke 26 Valentino Rossi menjalani kariernya sebagai pembalap profesional. Valentino Rossi dinilai tampil buruk karena dia tak bisa beranjak dari sensasi yang dia rasakan pada masa lalu.

"Sejauh yang saya ketahui, Valentino Rossi sedang berjuang karena referensinya terkait dengan sensasi pada masa lalu," kata Roberto Rolfo. Mengubah gaya balap juga takkan signifikan membantu pembalap asal Italia itu meski hal itu dipandang sebagai salah satu solusi. "Mampu menemukan jawaban baru, memodifikasi gaya balapnya, itu menjadi hal sulit baginya," kata Roberto Rolfo.

Alih alih mampu bangkit dengan pengalaman panjangnya, justru pengalaman itulah yang menjadi batasan Valentino Rossi pada saat ini. "Saya yakin pada kenyataannya sekarang ini pengalaman lebih merupakan batasan daripada sebuah keuntungan karena evolusi di kelas utama," ucap Roberto Rolfo. Valentino Rossi dan pebalap lainnya akan kembali beraksi pada seri MotoGP Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans, 14 16 Mei mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.